Kamis, 22 Oktober 2015

Kuliah 1
m.k. Perilaku Konsumen


PERILAKU KONSUMEN

 Anisa Utami R. Zahra
C34120017

Departemen Teknologi Hasil Perairan (www.thp.fpik.ipb.ac.id)
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (www.fpik.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)

Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)
Department of Family and Consumer Sciences (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)

Dosen:
Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr Ir Megawati Simanjuntak, MS
Ir Retnaningsih, MS
Ir Md Djamaluddin, Msc

Textbook:

Sumarwan U. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta (ID): PT Ghalia Indonesia.
  

    Kuliah pertemuan pertama dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 4 September 2015. Dosen yang mengajar pada kuliah pertama ini adalah Ir Md Djamaluddin, Msc. Beliau menjelaskan secara detail terkait perilaku konsumen, berikut adalah rangkuman hasil kuliah tersebut:


     Konsumen dapat juga diartikan sebagai pembeli, pengguna, pengambil keputusan, atau pelanggan. Konsumen biasanya berkaitan erat dengan barang, jasa, merek, harga serta kualitas. Kegiatan yang biasanya dilakukan oleh seorang konsumen diantaranya menawar, mencari informasi, dan membandingkan merek tertentu yang dipengaruhi oleh persepsi, sikap, gaya hidup, serta motivasi. Harga suatu produk atau jasa terkadang menjadi pertimbangan kesekian bagi konsumen dengan daya beli yang tinggi yang ingin mendapatkan kualitas terbaik.
Perilaku konsumen dapat diartikan sebagai perilaku yang diperlihatkan oleh konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk barang dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhannya. Perilaku yang biasanya dilakukan oleh konsumen menjadi khas karena dilakukan secara berulang. Perilaku konsumen tersebut diantaranya adalah memilih harga, menawar, menyukai harga murah atau gratis, memilih kualitas, mengikuti tren dan idola, mencari informasi tentang produk atau jasa, serta melihat manfaat dari produk atau jasa yang akan dibeli. Perilaku konsumen di kalangan anak muda cenderung sama seperti pada semua kalangan. Keinginan untuk membeli sesuatu biasanya lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan. Hal ini disebabakan oleh sifat alamiah manusia yang memiliki keinginan tak terbatas.
     Riset perilaku konsumen dibagi ke dalam tiga kelompok perspektif, yaitu perspektif pengambilan keputusan, perspektif eksperiensial (pengalaman), serta perspektif pengaruh perilaku. Proses pemilihan barang atau jasa yang akan dibeli oleh seorang konsumen dalam memenuhi kebutuhannya dilakukan dalam beberapa tahap. Tahapan tersebut meliputi pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian, serta kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen sangat dipengaruhi oleh faktor perbedaan individu, lingkungan, serta strategi pemasaran. Perbedaan individu menggambarkan faktor-faktor yang muncul dari dalam diri konsumen secara psikologis sehingga akan mempengaruhi keputusan konsumen. Perbedaan induvidu dalam mengambil keputusan biasanya didasari oleh motivasi, kepribadian, konsep diri, pengolahan informasi, persepsi, proses belajar, pengetahuan, sikap, serta agama. Faktor lingkungan yang juga turut mempengaruhi kepuasan konsumen diantaranya adalah budaya, karakteristik demografi, sosial, dan ekonomi, keluarga, kelompok acuan, lingkungan dan situasi konsumen, serta teknologi berupa perangkat atau piranti yang digunakan.

Cukup sekian bahan perkuliahan yang bisa saya rangkum, mohon maaf apabila masih banyak kekurangan. Semoga bermanfaat, Terimakasih sudah membaca :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar