m.k. Perilaku Konsumen
PERILAKU KONSUMEN
Anisa Utami R. Zahra
C34120017
Departemen Teknologi Hasil Perairan (www.thp.fpik.ipb.ac.id)
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (www.fpik.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)
Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)
Department of Family and Consumer Sciences (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)
Dosen:
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr Ir Megawati Simanjuntak, MS
Ir Retnaningsih, MS
Ir Md Djamaluddin, Msc
Textbook:
Sumarwan U. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta (ID): PT Ghalia Indonesia.
Kuliah pertemuan pertama dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 4 September 2015. Dosen yang mengajar pada kuliah pertama ini adalah Ir Md Djamaluddin, Msc. Beliau menjelaskan secara detail terkait perilaku konsumen, berikut adalah rangkuman hasil kuliah tersebut:
Konsumen dapat
juga diartikan sebagai pembeli, pengguna, pengambil keputusan, atau pelanggan.
Konsumen biasanya berkaitan erat dengan barang, jasa, merek, harga serta
kualitas. Kegiatan yang biasanya dilakukan oleh seorang konsumen diantaranya
menawar, mencari informasi, dan membandingkan merek tertentu yang dipengaruhi
oleh persepsi, sikap, gaya hidup, serta motivasi. Harga suatu produk atau jasa
terkadang menjadi pertimbangan kesekian bagi konsumen dengan daya beli yang
tinggi yang ingin mendapatkan kualitas terbaik.
Perilaku konsumen
dapat diartikan sebagai perilaku yang diperlihatkan oleh konsumen dalam
mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk barang dan
jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhannya. Perilaku yang biasanya
dilakukan oleh konsumen menjadi khas karena dilakukan secara berulang. Perilaku
konsumen tersebut diantaranya adalah memilih harga, menawar, menyukai harga
murah atau gratis, memilih kualitas, mengikuti tren dan idola, mencari
informasi tentang produk atau jasa, serta melihat manfaat dari produk atau jasa
yang akan dibeli. Perilaku konsumen di kalangan anak muda cenderung sama
seperti pada semua kalangan. Keinginan untuk membeli sesuatu biasanya lebih
besar dibandingkan dengan kebutuhan. Hal ini disebabakan oleh sifat alamiah
manusia yang memiliki keinginan tak terbatas.
Riset perilaku konsumen dibagi ke dalam tiga kelompok
perspektif, yaitu perspektif pengambilan keputusan, perspektif eksperiensial
(pengalaman), serta perspektif pengaruh perilaku. Proses pemilihan barang atau
jasa yang akan dibeli oleh seorang konsumen dalam memenuhi kebutuhannya
dilakukan dalam beberapa tahap. Tahapan tersebut meliputi pengenalan kebutuhan,
pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian, serta kepuasan konsumen.
Kepuasan konsumen sangat dipengaruhi oleh faktor perbedaan individu,
lingkungan, serta strategi pemasaran. Perbedaan individu menggambarkan faktor-faktor
yang muncul dari dalam diri konsumen secara psikologis sehingga akan
mempengaruhi keputusan konsumen. Perbedaan induvidu dalam mengambil keputusan
biasanya didasari oleh motivasi, kepribadian, konsep diri, pengolahan
informasi, persepsi, proses belajar, pengetahuan, sikap, serta agama. Faktor
lingkungan yang juga turut mempengaruhi kepuasan konsumen diantaranya adalah
budaya, karakteristik demografi, sosial, dan ekonomi, keluarga, kelompok acuan,
lingkungan dan situasi konsumen, serta teknologi berupa perangkat atau piranti
yang digunakan.
Cukup sekian bahan perkuliahan yang bisa saya rangkum, mohon maaf apabila masih banyak kekurangan. Semoga bermanfaat, Terimakasih sudah membaca :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar